'Kasus Mesir' Ketika Liberal Mengkhianati Demokrasi







Aang Kunaifi
@Aangku


Mahasiswa S2 UI | Peneliti Politik dan Internasional Center for Leadership and Strategic Studies (CeLSS)

  1. Pernah saya berpikir bahwa demokrasi itu justru sering dilanggar atau disalahgunakan oleh mereka yang mengaku kaum demokrat.

  2. Coba kita lihat pada apa yang terjadi di mesir hari ini ketika ternyata kelompok oposisi malah bekerja sama dengan kroni2 Mubarak.

  3. Hampir 1 tahun masa kepemimpinan Mursi di Mesir, selama itu pula pemerintahannya seperti tak pernah lelah untuk terus digoyang.

  4. Seperti yang kita ketahui bahwa Mursi terpilih sebagai Presiden Mesir melalu Pemilu paling demokratis yg pernah terjadi di negara itu.

  5. Setelah sebelumnya FJP, parpol bentukan I'm, berhasil mendulang suara, menjadi partai politik terbesar di pemilu legislatif.

  6. Banyak yang meragukan Mursi dan IM dalam memimpin Mesir, terutama perihal ideologi mereka yang anggap sbg Islam Fundamental.

  7. Mampukah Mursi dan IM menjalankan proses demokratisasi di mesir, tidak malah membuat rezim baru. Meng-IKHWAN-isasi Mesir.

  8. Dalam kelas Ideologi Politik saya di UI, kita pernah mengkaji perihal kesesuaian antara islam dan demokrasi. Studi kasus : Mursi di Mesir.

  9. Penting untuk memahami bagaimana islam memandang demokrasi.

  10. Maka hampir 1 tahun kepemimpinan Mursi di Mesir, bolehlah kalau sy mengatakan bahwa dia berhasil mematahkan anggapan banyak orang.

  11. Justru dalam kasus mesir, sy malah mempertanyakan kelompok2 oposisi yang berasal dari kelompok nasionalis liberal. Mereka demokratis?

  12. Mursi dengan FJP di Mesir dan Erdogan dengan AKP-nya menjadi poros baru. Bagaimana islam memandang demokrasi.

  13. Bolehlah kalau saya bilang : sekali waktu kaum demokrat harus belajar demokrasi kepada mereka berdua :)

  14. Dekrit yang dikeluarkan Presiden Mursi di Mesir, kalau kita kaji kontennya, sesungguhnya adalah dalam rangka menyelamatkan revolusi.

  15. Misalnya tentang perlunya mengulang kembali investigasi dan pengadilan terhadap semua yang terlibat pembunuhan terhadap aktivis... #contoh

  16. Pembunuhan terhadap aktivis pro demokrasi pada tgl 25 Januari. Ini sama saja mengadili kembali Mubarak cs.

  17. Lalu memastikan Jaksa Agung harus diangkat oleh Presiden. Jaksa Agung mesir hari ini adalah anteknya Mubarak, anti revolusi.

  18. Memastikan chek and balances terjadi, terutama dengan adanya distribusi kekuasaan pada lembaga2 negara. Eks, Yud dan Legislatif.

  19. Poin ini tidak akan terjadi bila tidak ada UU konstitusi. Karena itu harus ada perlindungan terhadap kerja Dewan Perumus Konstitusi.

  20. Seperti yang kita tahu bahwa MK pernah membubarkan parlemen atas desakan Militer di bawah pengaruh Mubarak.

  21. Ini juga penting, dekrit presiden mursi juga memastikan harus dibentuk UU perlindungan revolusi. Agar gerak ini konstitusional.

  22. Maka dekrit mursi bukan bentuk IKHWAN-isasi seperti apa yang disampaikan oleh bung @zuhairimisrawi.

  23. Tapi justru untuk menyelematkan proses demokratisasi mesir dengan cara memastikan revolusi berjalan pada arah yang benar.

  24. Nah, dari opini ini, dekrit mursi ini tidak mirip dengan apa yang pernah dilakukan oleh bung karno @BurhanMuhtadi :)

  25. Lebih lengkap tentang Dekrit Mursi sy sarankan untuk membaca TL nya @kaisar_el_rema dia tinggal di mesir. Menjadi saksi mata.

  26. Atau bisa juga dengan membaca link ini RT @pkspiyungan: 'Dekrit Mursi' link

  27. Inilah yang saya bilang, dalam kasus mesir, peran sbg kaum demokrat malah gagal diperankan oleh kelompok Nasionalis.

  28. Dan sesungguhnya sy malah curiga fenomena ini tidak hanya terjadi di mesir, tapi juga di negara2 lain. Termasuk Indonesia kah? :)

  29. Mungkin Mursi di Mesir, Erdogan di Turki adalah jawaban atas bukunya Pak @fadjroeL Demokrasi Tanpa Kaum Demokrat :)

  30. Karena demokrasi Justru hadir ketika kelompok yang dianggap islam fundamental seperti Mursi dan IM memimpin sebuah negara.

  31. sekian, sy berharap @zuhairimisrawi bisa membaca kultwit ini, nanti kita bisa diskusi. Tenang saja, akun anda tidak akan sy block kok :)

Muslimuna.com

Situs Berita, Kabar Dunia Islam.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Tolong Komentarnya ya....


Top