Editor's Vids

Penting Diperhatikan Khusus Anak Kidal

Untuk anak Kidal, terkadang perlu perlakuan khusus setidaknya untuk mengembangkan bakatnya.

Karena biasanya anak dengan tangan kidal, punya bakat yang bagus. Beberapa hal khusus yang bisa diberikan kepada anak Kidal:

Berikan kursus public speaking

Anak kidal kebanyakan pendiam, lebih suka memikirkan sesuatu sambil melamun, berimajinasi, atau membaca, daripada berbicara. Bukan berarti ia tidak bisa jadi pemimpin. Sudah terbukti, seorang kidal menjadi pemimpin negara, yaitu di Amerika Serikat. Tiga presidennya berturut-turut, Ronald Reagan, George HW. Bush, dan Bill Clinton, juga presiden Amerika saat ini, Barack Obama adalah seorang kidal. Untuk mengembangkan bakat anak dan menjadikannya seorang pembicara yang baik, tak ada salahnya mem- berikan kursus public speaking. Pasti akan berguna kelak.

Belikan ia peralatan melukis

Anak yang didominasi dengan otak kanan dikaruniai kreativitas, memiliki ide brilian yang bisa datang dengan tiba-tiba, dan keterampilan seni yang tinggi. Ia tidak bisa dipaksakan dengan tenggat waktu tertentu. Mereka juga lebih bersifat sensitif dan emosional. Mereka lebih mudah menuangkan ide dalam bentuk gambar, dari pada rentetan kalimat dan suka melihat warna warna. Dalam sejarah, banyak sekali tercatat seniman yang ternyata kidal. Sebut saja pelukis Leonardo da Vinci, Michelangelo, dan Rembrandt. Siapa tahu si kidal kesayangan Anda bisa mengikuti jejak mereka?

Belikan alat-alat olahraga

Tidak semua jenis olahraga bisa dimainkan oleh seorang kidal. Namun, sudah terbukti di dunia olahraga banyak atlet yang berhasil meraih prestasi dan dapat memenangkan berbagai medali lewat kompetisi bergengsi kelas internasional. Biasanya gerakan para atlet kidal tidak tertebak oleh pemain lain yang kinan, sehingga atlet kidal sering kali menjadi kunci penting di dalam tim.

Tanamkan kepercayaan diri

Anak-anak dengan dominasi otak kanan memang sedikit mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal matematika dengan logika atau rumus-rumus. Dan mereka juga cenderung kurang konsentrasi pada sesuatu yang tidak disukai. Namun, bila mereka sudah menyukai satu bidang, ia akan menemukan caranya tersendiri untuk memecahkan soal, atau menyelesaikan tugas-tugas. Oleh karena itu, tumbuhkan kecintaan mereka terhadap bidang yang kurang mereka kuasai. (fd)


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Tolong Komentarnya ya....